Pantai Lovina Buleleng Bali : Eksotik Lantaran Lumba-Lumba

Pantai Lovina Buleleng Bali
Share this :

Pantai Lovina Buleleng Bali salah satu destinasi wisata pantai yang memiliki karakter cukup tenang, sejuk, angin sepoi-sepoi selalu berhembus setiap waktu. Pantai Lovina memiliki berbagai macam pesona panorama laut.

Obyek wisata Pantai Lovina Buleleng Bali di pesisir Bali Utara. Kisaran 10 km ke arah barat Kota Singaraja. Lokasinya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Pantai Lovina dikenal pula dengan sebutan Obyek Wisata Kalibukbuk.

Pantai Lovina Buleleng Bali
Pengunjung memanfaatkan garis pantai untuk jogging.

Eksotika Pantai Lovina Buleleng Bali

Selain keindahan pantai, pesona utama Pantai Lovina Buleleng Bali adalah aktivitas melihat lumba-lumba. Kawasan objek wisata Pantai Lovina sangat terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Lumba-lumba dapat dijumpai sekitar 1 km dari bibir pantai.

Untuk dapat melihat lumba-lumba beraksi di Pantai Lovina Buleleng Bali, Pengunjung harus berangkat ke tengah laut sebelum matahari terbit. Perairan laut relatif tenang, dapat dilewati perahu dengan nyaman.

Pengunjung Pantai Lovina Buleleng Bali dapat menyewa perahu nelayan yang khusus disediakan untuk melihat lumba-lumba. Nelayan akan mengantar pengunjung ke tengah laut, tempat lumba-lumba bermunculan, sekitar dua jam waktu untuk melihat lumba-lumba.

Pantai Lovina Buleleng Bali
Salah satu spot menarik dengan back ground patung lumba-lumba.

Di Pantai Lovina Buleleng Bali, selain menyaksikan pertunjukan lumba-lumba, juga tersedia aktivitas menyelam atau snorkeling. Bioata laut dengan jenisnya beraneka ragam tidak kalah dengan tempat menyelam di kawasan lain.

Apabila pengunjung ingin melihat lumba-lumba, disarankan pukul 05.00 sudah berada di Pantai Lovina untuk sewa perahu. Satu perahu berkapasitas lima orang. Waktu terbaik melihat lumba-lumba mulai pukul 06:00 hingga pukul 08:00.

Pantai Lovina Buleleng Bali
Duduk-duduk santai sambil menikmati angin sepoi-sepoi salah satu pilihan juga.

Tarif untuk sewa perahu nelayan di Pantai Lovina untuk menuju ke tengah laut, tempat lumba-lumba berada, dipatok dengan harga sewa perahu sekitar Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00 per orang. Pengunjung mendapat fasilitas jacket pelampung dan makan pagi.

Tetapi jika tidak menghendaki makan pagi harga tiket kisaran Rp110.000,00 hingga Rp150.000,00 per orang. Untuk makan pagi, pengunjung dapat memanfaatkan warung di sekitar Pantai Lovina Buleleng Bali.

Rute ke Pantai Lovina Buleleng Bali

Pantai Lovina terletak di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Bila dari Bandara Ngurah Rai jarak tempuh kurang lebih 92 km, butuh waktu kisaran dua jam perjalanan.

Pantai Lovina Buleleng Bali
Pengunjung memanfaatkan spot buat berfoto.

Sedangkan jika berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk maka, kendaraan arahkan menuju ke jalan Raya Denpasar – Gilimanuk sejauh 2,7 km. Lalu, masuk ke arah jalan Singaraja – Gilimanuk sejauh 75 km.

Lokasi Pantai Lovina Buleleng Bali tidak memberlakukan retribusi tiket masuk ke area pantai. Pengunjung cukup membayar retribusi parkir saja, untuk mobil sebesar Rp10.000,00 sedangkan motor sebesar Rp5.000,00.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *