Tahun Kabisat : Tanggal 29 Februari Hadir Setiap Empat Tahun Sekali

  • EDUKASI
Tahun Kabisat - 29 Februari 2020
Share this :

Selamat merayakan hari ulang tahun bagi kawan-kawan yang lahir pada tanggal 29 Februari. Istimewa, karena kamu harus menunggu momen itu dalama kurun waktu empat tahun sekali datangnya.

Jika mencermati kalender, bulan Februari setiap tahunnya memiliki jumlah hari berbeda dengan bulan-bulan lain. Sedangkan bulan di luar Februari, jumlah hari ada yang 30, bahkan 31. Namun, bulan Februari berjumlah 28.

Yang unik, pada tahun tertentu jumlah hari dalam bulan Februari ada 29. Kemudian jika pada tahun tertentu jumlah hari pada Februari adalah 29, tahun tersebut dinamai Tahun Kabisat. Mengapa demikian? Tentu ada alasan yang mendasarinya.

Tahun Kabisat

Tahun kabisat, atau Leap Year dalam bahasa Inggris, merupakan tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Dalam satu tahun tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik.

Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Arti kata Kabisat sendiri secara etimologis, diambil dari bahasa Arab kata “kabisah” yang bermakna melompat. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut “leap year”. Konsep kabisat pada awalnya diterapkan oleh Julius Caesar pada masa kepemimpinannya setahun sebelum masehi.

Saat itu kalender Romawi masih memakai hitungan 355 hari dalam satu tahun, atau juga dikenal dengan sebutan Kalender Julianus. Untuk penanggalan sekarang, awalnya pada tahun 1582 Paus Gregorius XII pun mulai memasukkan hitungan kabisat pada Kalender Gregorian. 

Kapan Merayakannya?

Unik. Ya, sebenarnya suka-suka saja, dan bebas kapan mau dirayakan. Beberapa dari mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari, umumnya mereka merayakannya pada tanggal 28. Namun, ada yang sabar. Mereka mau menunggu empat tahun baru merayakannya.

Lahir pada tahun kabisat bagi mereka adalah sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh orang kebanyakan.  Sebagai orang-orang yang spesial karena lahir pada 29 Februari, maka keunikan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa itu patut untuk disyukuri.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *