Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Alternatif Nikmati Suasana Alami

Kebun Raya Purwodadi
Share this :

Dengan menikmati suasana udara segar, di bawah pepohonan rindang nan asri, merasakan semilir angin sepoi-sepoi, satu cara tepat untuk melepas penat dari kesibukan harian yang menguras banyak energi.

Yang butuh suasana tersebut, Kebun Raya Purwodadi, satu alternatif yang dapat diprioritaskan. Bila setiap hari berada di kota dengan segala kebisingan, di sini akan terasa sangat berbeda, sekelilingnya hanya ada pepohonan.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi berada di Jl. Raya Surabaya Malang Km. 65, Purwodadi, Pasuruan – Jawa Timur. Kebun ini dirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard.

Lokasi ini salah satu dari tiga kebun raya yang di Indonesia, yaitu Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Masing-masing kebun raya memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda.

Kebun Raya Purwodadi
Pengunjung sedang berpose di atas dahan pohon.

Luas area Kebun Raya Purwodadi sekitar 85 hektar. Area seluas itu, di dalamnya memiliki total 11.692 spesimen tanaman. Lokasi yang dipenuhi berbagai jenis pohon, tentu tempat ini seperti hutan yang luas.

Karena selalu dirawat dengan baik tempat ini bagus dan asri, sehingga dapat direkomendasikan sebagai alternatif pilihan, sangat cocok sebagai tempat berlibur. Bersama keluarga, pasangan, atau komuitas.

Akses menuju Kebun Raya Purwodadi sangat mudah, di Jalan Surabaya-Malang Km 65. Lokasinya tepat di sebelah kiri jalan raya dari arah Surabaya. Papan namanya agak sedikit menjorok ke dalam, hati-hati agar tidak terlewat.

Saat ini dipermudah adanya Tol Surabaya ‚Äď Malang. Anda langsung keluar pintu Tol Purwodadi, belok kiri 100 meter, nyalakan lampu sein ke kanan untuk masuk ke gerbang kebun raya. Hati-hati, kendaraan dari Surabaya padat.

Kebun Raya Purwodadi
Family day di Kebun Raya Purwodadi.

Sebuah jalan utama membelah kebun raya, memanjang yang membagi kawasan ini menjadi dua bagian. Sisi kiri dan sisi kanan. Sisi kiri kebun raya memiliki lebih banyak bangunan dan spot bermain.

Selain fasilitas masjid, juga akan menemukan taman anggrek, danau, lapangan hijau luas, dan sederet area menarik lain. Kawasan ini juga kerap digunakan untuk berfoto pre-wedding.

Sosok bangunan menarik lain yaitu rumah kaca. Dari luar, bentuknya kelihatan unik dan megah. Selain relaksasi, Anda juga bisa berburu foto-foto dengan back ground pepohonan rindang, atau di terowongan hijau.

Kebun Raya Purwobadi
Salah satu spot bagi model untuk berpose.

Area belakang didominasi oleh pepohonan besar, seperti palem, bambu serta pohon tropis lainnya. Para wisatawan biasanya hanya memadati bagian depan kebun raya. Jika ingin suasana lebih private dan tenang, bisa duduk-duduk di area ini.

Sisi kanan dari ujung jalan utama, Anda bisa ambil jalan kecil sebelah kanan. Di sini akan disuguhkan pemandangan hijau yang dramatis dibanding sebelumnya. Terdapat sebuah pohon besar sudah sangat tua.

Keberadaannya membuat tempat ini terasa eksotis, bagaikan di negeri dongeng, di samping juga akan mendengar gemericik air dari sungai yang mengalir di sisi belakang.

Di depan gapura masuk, pengunjung akan menuju jalan besar panjang dikelilingi pepohonan hijau menyegarkan. Jika tidak mempunyai banyak waktu bisa menyusuri jalan utama ini. Ada banyak panorama eksotik, bahkan instagramable.

Kebun Raya Purwodadi
Suasana ceria semua anggota keluarga.

Selain jalan-jalan dan berswafoto atau foto bersama, Anda juga bisa berkeliling naik sepeda. Untuk menikmati fasilitas kebun raya pengunjung wajib merogoh saku untuk membeli tiket.

Tiket wisatawan lokal Rp9.500,00, wisatawan asing Rp15.500,00; parkir motor Rp3.000,00, parkir mobil Rp5.500.000,00; parkir bus 10.500,000; mobil keliling Rp15.500,000; dan sepeda keliling Rp5.500,000,00.

Buka hari Senin sampai dengan Minggu, pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB, tidak menyesal bila Anda bekunjung ke sana. Yuk ….

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *