Pantai Teluk Hijau Banyuwangi : Eksotika Pantai dan Air Terjunnya Memanjakan Mata

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Share this :

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, atau Pantai Teluk Ijo, dalam bahasa Jawa, sedangkan orang kebanyakan menyebutnya Green Bay merupakan salah satu pantai di Banyuwangi yang sangat memesona dan layak dikunjungi.

Keindahan Pantai Teluk Hijau menambah sebutan bagi Kabupaten Banyuwangi sebagai The Sunrise of Java. Kabupaten terletak di bagian ujung timur Pulau Jawa menawarkan banyak keindahan yang memanjakan mata.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Trip bareng relawan Kelas Inspirasi Surabaya.

Berbicara tentang Banyuwangi barangkali tidak cukup jika hanya diceritakan, baik tentang keindahan alam, budaya, kuliner, maupun keasrian kotanya. Kiranya jika ada kesempatan perlu berkunjung ke sana.

Pantai Teluk Hijau. Mungkin agak aneh atau bertanya-tanya jika mendengarkan itu, bagaimana mungkin teluk berwarna hijau. Rasa penasaran dan ragu-ragu tersebut akan sirna ketika menginjakkan kaki ke pantai tersebut.

Hamparan pasir putih yang bersih, pesona hutan yang asri, pemandangan lautan yang menyejukkan, dan warna laut yang mengalami gradasi dari hijau ketika dekat bibir pantai menjadi kehijau-hijauanan.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Papan petunjuk dan peringatan. Pengunjung mesti mematuhi demi keselamatan.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi terkenal juga sebagai tempat penyu-penyu untuk bertelur selama beberapa bulan dalam rentang waktu setahun. Pantai ini terletak dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

Di samping menawarkan pesona pantai, Pantai Teluk Hijau Banyuwangi memiliki air terjun kurang lebih setinggi 8 meter. Suara gemerik air terjun dan deburan ombak yang menyatu, akan membuat Anda semakin rileks dan fresh kembali.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Panorama Pantai Batu.

Akses ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Akses menuju ke Pantai Teluk Hijau lumayan mudah. Pantai ini terletak kurang lebih 90 kilometer ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Untuk menuju lokasi, dapat mengikuti petunjuk arah ke Pesanggaran-Sarongan-Sukamade. Jalannya sama dengan menuju Sukamade.

Namun jika berangkat dari arah Kota Jember, ambil jalan menuju Banyuwangi melewati Kecamatan Pakusari, Mayang, dan Silo sampai tiba di jalur Mrawan (Gumitir). Perjalanan terus lanjut ke Kalibaru, Glenmore, dan Genteng, hingga sampai tiba di persimpangan Genteng Kulon. Silakan ikuti jalur menuju ke Pantai Rajegwesi.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Pantai Batu. Pengunjung dapat memanfaatkan view untuk berfoto.

Ketika sampai di Pos Rajegwesi pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp7.500,00 per orang. Biaya parkir motor Rp5.000,00, kendaraan roda empat Rp10.000,00, dan kendaraan roda enam Rp50.000,00.

Untuk sampai di pantai nan cantik diperlukan usaha sedikit berat, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih satu kilometer. Melewati jalan setapak dan berbatu di punggung bukit, menembus hutan dengan pepohonan besar menjulang tinggi.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Pantai pasir halus dan ombak tampak tenang, cocok untuk bermain pasir atau mandi di pantai.
Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Guyuran air terjun memberikan sensasi tersendiri.

Jika lagi beruntung, hutan yang dilewati terdapat Bunga Raflesia, jenis bunga langka yang dilindungi. Di hutan ini juga hidup satwa liar seperti rusa, kera dan lain-lain.

Setelah itu, pengunjung akan menemukan Pantai Batu, memang pantainya berbatu. Letak Pantai Teluk Hijau ibaratnya hanya selemparan batu dari Pantai Batu, hanya tersembunyi di balik bukit karang. Pantai Teluk Hijau adalah kawasan wisata terbatas, tidak diperkenankan untuk camping tanpa izin.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Duduk-duduk berkontemplasi dengan alam, sebuah jalan untuk dzikrullah.

Adapun alternatif lain untuk menuju ke Pantai Teluk Hijau adalah dengan menggunakan perahu. Itupun jika ombak tidak besar. Dengan perahu, akan memberikan kesan berbeda karena deburan ombak dan suguhan indahnya pemandangan dari lautan pada garis pantai.

Dengan jasa perahu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit. Sewa perahu dari Pantai Rajegwesi kisaran Rp30.000,00 untuk sekali jalan, atau Rp45.000,00 untuk pergi pulang bagi setiap orang.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Hehehe, yang lain pun tak mau ketinggalan. Ngadem dengan air terjun.

Pantai Teluk Hijau airnya jernih, dingin, ombaknya agak lumayan tenang, dan pantainya tanpa karang ini sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air dan pasir di pantai, namun tetap perlu waspada.

Pantai Teluk Hijau, merupakan spot yang instagramable. Kiranya perlu persiapkan kamera, serta makanan ringan dan minuman yang dibutuhkan karena di pantai tidak ada warung makanan. Nah, orang bijak tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Tiduran, rebahan, bahkan berguling-guling di pasir pun memberikan suatu kebahagiaan tersendiri.

Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti berswafoto, berfoto bersama komunitas, duduk-duduk tenang di karang, tidur-tiduran di hamparan pasir putih, mandi air laut, atau mencoba sensasi mandi diguyur air terjun. Dingin. Yuuk, kapan Anda ke sana, mengasyikkan lho!

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Perahu sedang menjemput para penyewa.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *